Al-Umm - Imam Syafii


 Penulis : Imam Syafii
Judul : Al-Umm
Filetype : Djvu


Muhammad bin Idris Asy-Safi’i atau yang lebih dikenal dengan nama Imam syafi’i adalah tokoh besar yang tidak asing lagi namanya di telinga umat islam. Kepakaran
imam syafi’i di berbagai cabang ilmu keislaman tidak diragukan oleh para ulama. Beliaulah peletak dasar ilmu hadits dan ushul fiqih lewat karya monumentalnya,
ar-Risalah.

Di berbagai belahan dunai Islam, khususnya di Asia Tenggara, termasuk Indonesia [dan Malaysia], mazhab Syafi’i menjadi pegangan utama kaum muslim. Artinya dalam menjalankan aktivitas-aktivitas keagamaan yang berkaitan dengan masalah-masalah peribadatan mereka akan memilih dan mengamalkan pendapat-pendapat yang berkembang dalam mazhab Syafi’i. Akan tetapi diantara yang pantas disayangkan adalah, masih ada bahkan tidak sedikit diantara kalangan umat islam yang mengklaim dirinya pengikut madzab imam syafi’i bahkan yang fanatik di antara mereka ternyata tidak mengenal siapa sebenarnya Imam Syafi’i. Jangankan ditanya tentang karya-karya ilmiah, aqidah, manhaj, atau pandangan Iman Syafi’i terhadap pentingnya berpegang teguh pada Al-Qur’an dan As-sunnah, masa dan tempat al-Imam dilahirkan pun banyak yang tidak tahu. Jangan heran kalau ada yang menyangka Imam syafi’i adalah orang Asia Tenggara sehingga fiqihnya cocok untuk orang Asia Tenggara.

Kitab al-Umm adalah satu di antara kitab-kitab Imam Syafi’i yang sangat terkenal. Di sana termuat fiqih Imam Syafi’i. Maka tidak jarang bila dalam sebuah pembahasan hukum fiqih disebutkan “menurut Imam Syafi’i” maka yang dimaksud adalah dalam kitab al-Umm tersebut. Kitab al-Umm adalah sebuah kitab tebal yang terdiri dari empat jilid dan berisi 128 masalah.

Al-Hafidz ibnu Hajar berkata: “Jumlah kitab (masalah)dalam kitab al-umm sebanyak 40 bab lebih -wallahu a’lam- dimulai dari kitab at-Thaharah kemudian kitab as-Shalat. Begitu seterusnya yang beliau susun berdasarkan bab-bab fiqih …”

Ringkasan KITAB AL UMM ini adalah terjemahan dari kitab Mukhtashar Kitab Al Umm fiil Fiqhi, yang merupakan ringkasan kitab al-Umm yang disertai dengan catatan kaki dari peneliti atau pentahqiqnya. Setelah sekilas menyebutkan tentang biografi Imam Syafi’i, pada jilid 1 kitab terjemahan ini memuat pembahasan masalah fiqih yang disusun secara berurutan sebagai berikut:
  • Tentang bersuci (thaharah),
  • Tentang haid,
  • Tentang shalat,
  • Tentang shalat ‘iedain,
  • Tentang jenazah,
  • Tentang zakat,
  • Tentang pembagian zakat,
  • Tentang puasa,
  • Tentang i’tikaf,
  • Tentang haji,
  • Tentang qurban,
  • Tentang hewan buruan dan sembelihan,
  • Tentang makanan dan keterangan halal haramnya, dan
  • Tentang nadzar.
  • Masing-masing masalah dibahas dalam bab-bab yang lebih rinci.
Pembahasan dalam buku ini banyak dilakukan dengan pola dialogis yang menunjukkan bahwa Imam Syafi’i seorang pendebat yang ulung. Barangsiapa membacanya niscaya ia akan menyaksikan kekuatan hujjah imam Syafi’i dan ketajaman argumentasi berdasarkan Al-kitab dan sunnah.Tambahan catatan kaki, menyempurnakan kehadiran kitab ini.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala merahmati penulis, peringkas dan peneliti dan menjadikannya sebagai amal yang mulia, yang dapat memperbesar timbangan kebaikan kita semua.

Untuk mendownload kitab Al-Umm silahkan Lihat Dibawah ini :

Software Untuk Membuka File .djvu Download

 
Al Umm Jilid 1 :
Download
Al Umm Jilid 2 :

Download

Al Umm Jilid 3 :
Download


Update, Telah tersedia Kitab Al-Umm versi Android.
Kitab Al-Umm Android


no image
Item Reviewed: Al-Umm - Imam Syafii 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

jazakallahu khairan katsira akhi

baik, bagaimana cara download

baik, bagaimana cara download

terima kasih ya..

Alhamdulillah. Terima kasih banyak. Semoga kita bersama mendapat kebaikan, berkah & pahala. Aaamiin.

Klik kanan di tombol download kemudian pilih open link in a new tab, lalu pilih tombol download

This comment has been removed by the author.

Syukran..jazakallahu khairan katsira akhi

Wa iyyak akhi...download juga ebook tafsir ibnu katsir lengkap : https://kitabmuslimin.blogspot.co.id/2016/05/tafsir-ibnu-katsir-lengkap-30-juz.html

jazakallahu khairan ya akhi

Saya baru ngunduh Kitab Al Umm, terima kasih banyak, semoga menambah ilmu dan iman kita semua dan terutama diberi petunjuk Nya untuk mengamalkan kitab ini.

Bagaimana cara bukannya yah? Saya udah download tp ga bisa kebuka

Untuk membuka file menggunakan aplikasi djvu viewer, bisa di download disini :

https://www.dropbox.com/s/6qp561wp4xt0v7h/DJVU%20Viewer.exe

Jazakallah, semoga Allah selalu memberikan keberkahan yang menshare kitab bermanfaat ini, dan semoga kita sll dibimbing oleh Allah di jalan yang lurus. Aamiin

jazakallah khairan....semoga bermanfaaf buat aku dan bisa di pelajari dan di amalkan Aamiin Aamiin

Afwan. Ijin copas keterangan kitabnya yah admin

mohon izin download kitabnya yaaa....

Emoticon? nyengir

Berkomentarlah dengan Bahasa yang Relevan dan Sopan.. #ThinkHIGH! ^_^

Komentar Terbaru

Just load it!